9 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan
Menjaga agar pelanggan Anda senang dan kembali berbisnis dengan Anda adalah bagian penting dari kesuksesan bisnis. Untuk alasan ini, Anda harus melakukan upaya terkonsentrasi untuk fokus pada retensi pelanggan.
Strategi retensi pelanggan memungkinkan Anda untuk mengetahui metode terbaik untuk mempertahankan pelanggan Anda dan tidak kehilangan bisnis mereka ke orang lain. Ini lebih dari sekadar mendengarkan umpan balik pelanggan dan mencakup rencana serangan yang lengkap.
Anda harus fokus pada pengembangan strategi ini dan menerapkannya di awal kehidupan bisnis Anda. Setelah Anda memiliki strategi, mereka cukup mudah untuk dipertahankan.
Teruslah membaca untuk 9 strategi untuk meningkatkan retensi pelanggan.
Mempertahankan Pelanggan yang Ada Harus Menjadi Fokus Utama Anda
Namun, bahkan bisnis fisik mengalami kesulitan mendapatkan pelanggan baru. Bisa jadi lima kali lebih mahal bagi bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan lama.
Ketika Anda memiliki bisnis online, statistik ini menjadi lebih penting, karena Anda harus berjuang untuk mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda. Tetapi pelanggan setia adalah jaminan bahwa Anda akan memiliki lalu lintas yang berkelanjutan. Jadi, mempertahankan pelanggan yang sudah ada sangatlah penting, karena kemungkinan besar pelanggan sebelumnya akan membelanjakan uang untuk bisnis Anda daripada calon pelanggan.
Dengan mengingat pengetahuan ini, sangat penting untuk fokus pada retensi pelanggan sejak hari pertama. Saat Anda mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan, Anda perlu memberi mereka alasan untuk terus datang kembali. Untuk mencapai prestasi seperti itu, Anda memerlukan strategi retensi pelanggan.
Strategi retensi pelanggan akan membantu Anda memperkuat hubungan pelanggan Anda, sehingga mereka tahu apa yang diharapkan dari Anda dan dapat menghargainya. Anda juga dapat menggunakan strategi ini untuk menyampaikan rasa terima kasih Anda dan membuat pelanggan Anda merasa seperti individu, bukan angka pada halaman.
9 Strategi Praktis untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan
Untuk mulai membangun strategi retensi pelanggan, Anda dapat melihat sembilan opsi di bawah ini.1. Ketahui Tingkat Retensi Pelanggan Anda
Anda benar-benar tidak dapat mulai mengerjakan strategi retensi pelanggan sampai Anda memiliki dasar untuk bekerja. Ada banyak cara untuk menghitung tarif Anda, tetapi yang paling mudah dan universal adalah sebagai berikut:((CE-CN)/CS)) X 100
Variabel berdiri untuk jumlah pelanggan di akhir (CE), jumlah pelanggan baru (CN), jumlah pelanggan di awal (CS).
Anda akan melihat pada periode tertentu. Anda dapat memilih jangka waktu yang Anda inginkan, seperti sebulan atau tiga bulan.
Rumus tersebut memberitahu Anda persentase pelanggan yang dapat Anda pertahankan atau pertahankan. Persentase aktual yang Anda inginkan sebagai tujuan Anda sangat bergantung pada industri dan jenis pekerjaan Anda. Untuk beberapa industri, 60% retensi tinggi, tetapi untuk yang lain, 90% adalah tujuan yang lebih baik.
2. Terbuka dan Transparan
Pelanggan menghargai ketulusan. Mereka juga akan lebih mungkin menjadi pelanggan yang kembali jika mereka dapat memvisualisasikan orang-orang di balik bisnis Anda. Bagaimanapun, koneksi sangat penting. Jika mereka merasa mengenal Anda dan Anda mengenal mereka, kemungkinan besar mereka akan kembali.Anda dapat menjadi lebih transparan dengan menawarkan apa tujuan Anda, apa yang Anda ingin perusahaan Anda lakukan untuk pelanggan Anda, dan juga apa kekurangan Anda. Orang-orang senang melihat Anda mengakui kesalahan Anda, karena itu membuat Anda lebih manusiawi dan lebih bisa diterima.
Misalnya, jika Anda mengatakan bahwa perusahaan Anda peduli terhadap lingkungan, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda belum 100% ramah lingkungan, tetapi sedang mengambil langkah untuk mencapainya. Janji untuk meningkatkan ini akan membuat Anda terlihat lebih jujur dan menghargai waktu seseorang.
3. Memanfaatkan Kekuatan Berlangganan
Sementara teknologi mungkin terlalu sombong di beberapa bidang bisnis, itu juga sangat berguna. Anda dapat menggunakannya untuk terhubung dengan pelanggan Anda dan menjaga bisnis Anda tetap di depan pikiran mereka. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan layanan berlangganan.Anda menangkap email pelanggan dan kemudian mengirim mereka pemberitahuan tentang penjualan, pengumuman, dan informasi lainnya melalui sistem email otomatis. Anda dapat menggunakan email ini untuk mendidik atau menarik mereka untuk mendapatkan kesepakatan yang baik. Anda juga dapat mempertahankan koneksi dengan mengirimi mereka sesuatu yang istimewa pada hari ulang tahun mereka atau menggunakan platform untuk mengirimkan pesan tahunan hanya untuk mereka.
4. Menjadi Ramah Seluler
Mayoritas orang mengakses internet di perangkat seluler mereka. Menjadi mobile-friendly berarti mengoptimalkan situs web Anda untuk digunakan pada perangkat seluler dan menyesuaikan pengalaman seluler.Anda juga dapat mengembangkan aplikasi, yang lebih disukai sebagian orang daripada mengakses situs web. Plus, ini membantu untuk menjaga perusahaan Anda tetap terdepan dan terpusat setiap kali mereka melihat telepon mereka.
5. Nilai Ulasan Pelanggan
Umpan balik dan ulasan pelanggan sangat berharga. Anda perlu berinteraksi dengan pengulas. Atasi masalah dan tunjukkan penghargaan untuk ulasan yang baik. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk membacanya, sehingga Anda tahu apa yang akan dipublikasikan kepada massa tentang bisnis Anda.Terkadang Anda bahkan dapat mengubah seseorang yang sering meninggalkan ulasan menjadi advokat merek. Ini adalah seseorang yang pada dasarnya menyebarkan berita tentang bisnis Anda dengan memberi tahu orang lain. Ini adalah posisi yang lahir dari loyalitas kepada perusahaan Anda, yang tak ternilai harganya.
6. Tingkatkan Pengalaman Pelanggan
Jika Anda ingin menciptakan pelanggan setia, Anda harus melakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dari awal hingga akhir. Ini berarti menyediakan toko dan situs web yang mudah dibeli, memberikan fasilitas khusus yang menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka, menyediakan layanan pelanggan yang berharga, dan melangkah lebih jauh untuk memastikan mereka senang.Pengalaman pelanggan yang baik datang dari memahami apa yang mereka lakukan dan tidak sukai tentang berbelanja dengan bisnis Anda. Luangkan waktu untuk mempelajari poin rasa sakit mereka.
Sesuaikan bisnis Anda sesuai kebutuhan agar sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan Anda. Ketika Anda dapat menciptakan pengalaman yang baik, Anda dapat membuatnya kembali.
7. Buat Program Loyalitas
Jika Anda mulai memahami pentingnya loyalitas pelanggan, maka Anda seharusnya tidak memiliki masalah melihat mengapa program loyalitas pelanggan merupakan langkah yang jelas dalam rencana retensi pelanggan Anda. Program-program ini memberikan hadiah ketika pelanggan berbelanja dengan Anda.Pastikan bahwa apa pun yang Anda lakukan sebagai bagian dari program Anda memberikan sesuatu yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan Anda.
Salah satu cara agar Anda tidak salah adalah dengan memberi mereka diskon besar untuk pembelian di masa mendatang. Ini tidak hanya berharga bagi mereka karena menghemat uang, tetapi juga memastikan mereka akan kembali.
8. Jadikan Orientasi Pelanggan sebagai Proses yang Lancar
Proses orientasi adalah interaksi awal yang Anda miliki dengan pelanggan. Ini melibatkan pengalaman berbelanja, proses melakukan pembelian, dan dukungan purna jual. Pengalaman pertama ini akan selalu menonjol di benak pelanggan, jadi harus excellent.9. Selalu Memenuhi Janji
Jika Anda memberi tahu pelanggan bahwa Anda akan melakukan A, B, dan C, maka Anda perlu melakukan ketiganya. Jangan pernah menjanjikan sesuatu yang tidak bisa Anda berikan.Pastikan Anda memeriksa kualitas produk Anda, melatih karyawan dengan benar, dan memberikan pengalaman terbaik yang Anda bisa.
Tingkatkan Retensi Pelanggan Dengan Catatan Tulisan Tangan
Catatan tulisan tangan bisa menjadi cara yang luar biasa untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Sebagian besar perusahaan telah bekerja untuk mendigitalkan segalanya, yang berarti kurangnya koneksi antarmanusia.Orang-orang mendambakan koneksi itu, jadi menerima catatan tulisan tangan dari perusahaan tempat Anda berbisnis adalah hal yang sangat penting. Pelanggan Anda akan memperhatikan, dan itu akan memengaruhi keputusan pembelian mereka di masa mendatang.
Anda dapat mengirimkan catatan ini kepada pelanggan setia atau bahkan yang baru. Gunakan mereka untuk mengatakan, “Terima kasih telah berbelanja dengan kami”, atau untuk merayakan sesuatu yang istimewa, seperti ulang tahun.
Anda mungkin tidak melihat pembayaran langsung karena Anda tidak akan berada di sana saat mereka menerima catatan tersebut, tetapi akan ada hasil dalam jangka panjang karena mereka mungkin akan memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang catatan tersebut, yang memberi Anda informasi gratis. iklan mulut.
Catatan tulisan tangan adalah salah satu tip pemasaran yang mengingatkan pelanggan akan rasa terima kasih Anda kepada mereka. Sesuatu yang ditulis tangan akan membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian daripada versi digital, dan pelanggan Anda akan merasa lebih dihargai karena menerimanya.
Kirim Catatan Tulisan Tangan Dari Ponsel Anda
Masalah dengan mengirim catatan tulisan tangan adalah bahwa mereka dapat membuat tambahan yang sangat memakan waktu dan mahal untuk bisnis Anda. Namun, ada cara Anda dapat mempertahankan efisiensi sekaligus memberikan pengalaman pribadi dan sepenuh hati kepada pelanggan Anda.Menggunakan aplikasi seluler khusus seperti Handwrytten dapat membantu meningkatkan arus keluar Anda. Pelanggan Anda akan tetap menerima penghargaan Anda, tetapi Anda akan menggunakan proses yang disederhanakan untuk melakukannya. Sebagian besar bisnis tidak menghabiskan banyak waktu untuk mempertahankan pelanggan. Tetapi bahkan jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk hubungan pelanggan, Anda masih dapat memberi mereka pengalaman yang menyenangkan.
Aplikasi khusus dapat membantu mereka merasa diperhatikan dan dihargai sekaligus menjaga proses Anda tetap sederhana dan terjangkau.
Posting Komentar untuk "9 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan"
Posting Komentar